Yonif 406/Candra Kusuma Tiba di Jayapura, Siap Amankan Tapal Batas

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring yang diwakili oleh Danrem 174/ Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Raden Agus Abdurrauf, S.I.P. memimpin upacara penyambutan Satgas Pamtas RI-PNG di dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Merauke, Minggu (14/7/19)

Satgas Pamtas Yonif 406/Candra Kusuma dari Kodam IV/Diponegoro
Satgas Yonif 406/CK dibawah pimpinan Dansatgas Mayor Inf Andy Soelistyo K.P., S. Sos., M. Tr. (Han) itu siap meggantikan Satgas Pamtas Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya dari Kodam II/Sriwijaya yang akan disebar di perbatasan.

Dalam sambutan tertulisnya Pangdam menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas harus selalu Waspada dan sering melaksanakan patroli, menciptakan stabilitas keamanan dan membantu masyarakat setempat,.

“Di Wilayah Perbatasan ini memiliki nilai Strategis sesuai Undang-undang no 34 tahun 2004 tentang TNI dalam menjaga kedaulatan negara di wilayah perbatasan dari humen treaking, ilegal loging, kelompok bersenjata, menjaga letak patok batas wilayah negara dandDalam pelaksanaan tugas harus selalu waspada serta harus sering melaksanakan patroli serta menciptakan stabilitas keamanan dan membantu masyarakat setempat” tegas Pangdam.

Kedua Batalyon yang sebelumnya berlayar dengan KRI Tanjung Kambani 971 ini juga diingatkan bahwa kehadirannya harus memberikan yang terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara. Hal ini bisa dimulai dari mempelajari karakter kearifan lokal masyarakat setempat agar dapat menyesuaikan.

“Di wilayah penugasan ini ada satuan lain yang juga bertugas sehingga saya harapkan agar dapat menghindari kesalahpahaman dan pertikaian, apabila mendapat permasalahan agar dilaporkan kepada komandan satuan masing masing agar mendapat penanganan yang sebaik baiknya dan pedomani protab dan aturan yang berlaku serta perhatikan faktor keamanan personil dan materil dalam melaksanakan tugas” tegas Danrem selaku Dankolakops sektor selatan perbatasan RI-PNG.

Setelah upacara penerimaan usai dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat bertugas kepada para prajurit Satgas diikuti oleh para hadirin tamu undangan lainnya.