Peringati HUT ke-73 Topografi, Katopdam Hadiahkan Album Dibawah Panji Bhutala Cakti

Semarang, Suara Diponegoro – Memperingati hari ulang tahun ke 73 Topografi Angkatan Darat yang ke-73 yang jatuh pada tanggal 26 April 2019, Topdam IV/Diponegoro menggelar syukuran di Matopdam Kompleks Makodam IV/Diponegoro, Jum’at (26/4).

Acara yang dipimpin langsung oleh Katopdam IV/Dip Kolonel Ctp Dr. Ir. Sukanto Hadi, M.T. dihadiri oleh seluruh prajurit, PNS Topdam IV/Diponegoro, Ketua, Pengurus dan anggota Persit KCK Ranting 4 Top serta sesepuh dan Purnawirawan.

Dirtopad Brigjen TNI Ir. Asep Edy Rosidin, MDA. melalui amanatnya yang dibacakan Katopdam IV/Diponegoro menyampaikan, pengembangan fungsi teknis Topografi Angakatan Darat yang sejalan dengan transformasi TNI AD dituntut senantiasa melaksanakan pembinaan secara konsepsional dan berkesinambungan seiring dengan tantangan tugas yang semakin berat dan komplek sehingga mampu mewujudkan karya terbaik dalam pengabdiannya.

Lebih lanjut disampaikan, pengabdian Korps Topografi Angakatan Darat selama kurun waktu 73 tahun telah menunjukan karya-karya terbaik dalam menyelenggarakan, menyediakan dan menyajikan informasi Topografi dalam berbagai bentuk kegiatan dan produk dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angakatan Darat.

Perkembangan teknologi pemetaan digital dengan menggunakan soft ware pengolahan data menuntut prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Topografi Angkatan Darat untuk meningkatkan profesionalisme dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Survey dan Pemetaan dengan budaya belajar dan berlatih secara benar, pungkasnya.

Usai pembacaan amanat, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang di serahkan kepada prajurit termuda, hal ini sebagai dorongan moril kepada prajurit yang muda untuk lebih semangat dalam mengabdi pada bangsa dan negara.

Dalam perayaan HUT ke-73 ini, juga dimeriahkan dengan tarian modern oleh Ibu Persit Ranting 4 Top dan anak-anak prajurit. Untuk memeriahkan suasana, disela-sela acara juga dilaksanakan pengundian doorprize menarik oleh Katopdam.

Bukan hanya sampai disitu, suasana semakin meriah dengan penampilan Lhikita Bhutala Cakti Band yang beranggotakan personel Prajurit Topdam dan vokalis Kolonel Ctp Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. Suara emas orang nomor satu di Topdam tersebut ternyata mampu menghipnotis para hadirin.

Penampilan grup musik ini sekaligus memperkenalkan album “Dibawah Panji Bhutala Cakti” yang menceritakan kisah perjalanan satuan Topografi Angkatan Darat yang genap berusia 73 tahun dalam mengabdi dan mengawal keutuhan NKRI. Syair lagu ini diciptakan dan diaransemen langsung oleh Katopdam.

“Kami ciptakan album ini sebagai bentuk syukur kami pada Tuhan YME, dan ini juga sebagai kenang-kenangan untuk Korps Topografi Angkatan Darat dalam bentuk lagu. Kami tidak bisa memberikan kenang-kenangan seperti ilmu/konsep pemetaan dengan teknologi canggih dan sebagainya”, ungkapnya..