Menghormati Jasa Pahlawan, Inilah Yang Dilakukan Prajurit Zidam IV

Makasar, Suara Diponegoro — Pangeran Diponegoro adalah sosok Pahlawan yan gagah berani, gigih, dan tidak mengenal menyerah dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Karena kegigihannya itulah Pangeran Diponegoro diasingkan oleh Belanda ke daerah Makasar hingga akhir hanyatnya.

Untuk menghormati jasa Pangeran Diponegoro dan dalam rangka menyambut HUT ke 68 Kodam IV/Diponegoro, 5 Oktober 2018 yang akan datang, Kodam IV/Diponegoro melaksanakan perawatan makam Pahlawan Pangeran Diponegoro yang juga sebagai cagar budaya di Makasar.

Kepala Zeni Kodam (Kazidam) IV/Diponegoro Koloel Czi Suardi Samiran sebagai pimpinan kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan Pangeran Diponegoro. Apa yang kami lakukan belum seberapa dengan apa yang telah beliau korbankan demi bangsa dan negara ini.

Lebih lanjut disampaikan, dengan terawatnya makan Pahlawan Pangeran Diponegoro ini diharapkan kondisi makam dapat terus terjaga sebagai saksi sejarah perjuangan bangsa yang akan dikenang oleh generasi penerus bangsa. Dan kepada generasi muda dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro dan melanjutkan perjuangan beliau sesuai bidangnya masing-masing.

Kegiatan perawatan ini dilakukan selama enam hari oleh 6 orang anggota yang sengaja didatangkan dari Markas Zidam IV/Diponegoro. (Pendam/pm)