Memperkokoh Soliditas, Kodam IV Menggelar Komsos dengan Keluarga Besar TNI

Semarang, Suara Diponegoro – Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu sarana untuk bersilaturahmi sekaligus berbagi informasi (sharing) serta menghilangkan sekat-sekat antara TNI AD khususnya Kodam IV/Diponegoro dengan seluruh komponen bangsa khususnya Keluarga Besar TNI. Melalui prinsip saling asah, saling asih dan saling asuh, kegiatan seperti ini dapat memperkokoh soliditas antar organisasi KBT.

Hal tersebut disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. pada acara Komsos dengan Keluarga Besar TNI (KBT) yang digelar di Balai Diponegoro Semarang, Selasa (26/3).

Pangdam juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap Keluarga Besar TNI yang selama ini terus menjalin komunikasi, koordinasi dan silaturahmi dengan Kodam IV/Diponegoro sehingga hubungan emosional dan keteguhan pada komitmen bersama demi kepentingan bangsa dan negara, dapat tetap terjaga dengan baik.

Menurutnya, melalui Komsos seperti ini diharapkan akan tercapai komunikasi yang intens antara Prajurit Kodam IV/Diponegoro dengan Keluarga Besar TNI sehingga terjalin hubungan emosional dan kerjasama yang erat serta harmonis untuk mendukung Tugas Pokok TNI khususnya dalam Pembinaan Terotirial (Binter) maupun dalam mensukseskan pembangunan nasional lainnya.

“KBT adalah salah satu pilar dalam mendukung tugas pokok TNI guna menjaga dan mempertahankan integritas dan kedaulatan NKRI”, imbuhnya.

Sebagai pemegang Komando dan Kendali Satuan Jajaran Kodam IV/Diponegoro, dirinya juga memastikan bahwa TNI akan terus menjalankan kepercayaan dari masyarakat khususnya para Keluarga Besar TNI untuk tetap memegang jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Namun demikian hubungan antara KBT dengan Kodam IV/Diponegoro jangan hanya terbatas sebagai mitra kerja tetapi harus benar-benar merupakan sebuah keluarga yang akan saling bahu membahu membawa visi dan misi sebagai Garda NKRI dalam menangkal berbagai ancaman bangsa baik dari dalam maupun luar negeri, serta menjadi corong komunikasi dan informasi tentang TNI kepada masyarakat luas, imbuh Pangdam penuh harap.

Terkait dengan akan dilaksanakannya Pileg dan Pilpres 2019, orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro mengajak kepada segenap KBT dan seluruh masyarakat Jateng dan DIY untuk berperan serta dalam menjaga dan meningkatkan kondusifitas wilayah Jateng-DIY.

“Kita semua harus bisa menetralisir setiap upaya provokasi atau isu-isu berita hoax dan Terorisme, yang dapat meresahkan masyarakat sehingga Pemilu 2019 dapat berjalan aman, tenang dan damai”, pungkas Pangdam.

Pada kesempatan ini juga disampaikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan klasifikasi daerah pertahanan dalam penyiapan pertahanan negara secara dini dalam rangka mendukung program Pemerintah RI khususnya bidang pertahanan Pancasila oleh Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro bidang Ideologi Kolonel Inf Tono.

Kegiatan Komsos dengan KBT juga dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., Irdam dan para pejabat utama Kodam IV/Diponegoro.