Mayjen TNI Mochamad Effendi : Pegang Teguh Jati Diri Prajurit dan Bekerja Dengan Hati Nurani

Slawi, Suara Diponegoro — Selesai memimpin Sertijab Komandan Brigif 4/Dewa Ratna, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. melakukan tatap muka sekaligus memberikan pengarahan kepada para prajurit Brigif 4/DR di Markas Brigif 4/DR Slawi, Rabu (23/1).

Dalam pengarahannya orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro meminta kepada seluruh prajurit untuk memegang teguh jati diri prajurit TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Para prajurit sudah dilatih dan dilengkapi alat perlengkapannya, dipenuhi kesejahteraannya agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional.

Dikatakan Pangdam, sesuai UU TNI, tugas TNI diantaranya menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan kekuatan wilayah yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan melindungi segenap bangsa Indonesia.

Terkait hal tersebut, Pangdam meminta seluruh prajurit Brigif 4/DR dalam setiap pelaksanakan tugas harus didasari oleh iman dan taqwa kepada Tuhan YME, sehingga tidak melenceng dari jalur yag telah ditentukan. Ada atau tidak ada yang mengawasi, dia tetap akan melaksanakan tugasnya dengan baik, karena setiap saat merasa kalau dirinya selalu diawasi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, prajurit didalam mengerjakan tugasnya harus sesuai dengan hati nurani, karena kata hati selalu berkata benar dan tulus, sehingga apapun tugasnya pasti akan dilaksanakan dengan baik dan benar.

“Kerja itu harus tulus, hati nurani kita harus selalu dibawa agar bekerja tidak setengah-setengah”, tegasnya.

Pangdam juga meminta kepada seluruh prajurit untuk selalu bersyukur kepada Tuhan. Masih banyak dari rekan-rekan kita yang penghasilannya di bawah kita, sementara kita telah diberikan kesejahteraan berupa gaji, uang lauk pauk dan tunjangan kinerja. Rasa syukur itu mari kita wujudkan dengan tidak melakukan pelanggaran, melaksanakan tugas dan kewajibannya secara sungguh-sungguh, tulus dan ikhlas.

“Masing-masing harus mengetahui betul tugas dan tanggung jawabnya. Laksanakan tugas itu secara profesional”, pinta Pangdam mengakhiri pengarahannya. (pendam/pm)