Kodim 0733 BS/Smg Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019

Semarang, Suara Diponegoro – Pelaksanaan Pemilu 2019 sudah semakin dekat, Kodim 0733 BS/Semarang sebagai bagian dari Kodam IV/Diponegoro, menggelar latihan pengamanan Pemilu 2019 yang diawali dengan apel kesiapan latihan di Lapangan Yonif Raider 400/BR, Semarang, Rabu (30/1).

Apel kesiapan latihan pengamanan juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Korem Jajaran Kodam IV/Diponegoro dan termasuk Kodim 0733 BS/Smg.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Efendi, S.E., M.M., melalui amanatnya yang dibacakan Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Zubaedi S. Sos, MM. menegaskan seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro harus memiliki kesiapsiagaan dan kecepatan bergerak untuk membantu Kepolisian dalam mengamankan jalannya Pemilu 2019 nanti.

Upaya untuk mensukseskan pelaksanaan perbantuan TNI kepada Polri dalam pengamanan Pemilu tidak bisa dicapai secara instan. Proses untuk mencapai keberhasilan diperlukan sosialisasi dari masing-masing pihak tentang aturan yang berlaku, mekanisme perbantuan, prosedur pengamanan dan penyamaan persepsi tentang tujuan perbantuan untuk mencapai keterampilan yang tinggi dan kemampuan interoperability, terangnya.

“Latihan pengamanan Pemilu memiliki arti yang penting, karena Kodam IV/Diponegoro beserta satuan jajarannya juga dituntut senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan kecepatan bergerak untuk memback up Polri khususnya Polda Jawa Tengah dan DIY, dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi 2019 yang aman dan damai”, tegas Pangdam.

Diakhir amanatnya Pangdam menekankan agar seluruh prajurit selalu memegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam Pemilu 2019. Ciptakan realisme dalam latihan, sehingga peserta dapat memahami teknik, prosedur dan mekanisme serta sistem komando, kendali, komunikasi serta informasi pengamanan Pemilu 2019. Laksanakan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh unsur terkait diwilayah masing-masing, sehingga dapat terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan Pemilu 2019. Ikuti latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sesuai mekanisme yang telah ditentukan.

Apel kesiapan latihan dihadiri Kabaglat Rindam IV/Diponegoto Kolenel Inf Iwan, Kasdim 0733 BS Semarang, Danyon dan Wadanyon R 400 /BR, para pejabat Kodim 0733 BS Semarang dan Danki Brimob Semarang.