Gowes Surya Kusuma Bakti Untuk Negeri

Cilacap, Suara Diponegoro – Berbagai cara yang dapat dilakukan oleh prajurit TNI dalam memupuk sinergitas dengan masyarakat dan Instansi lain di sekitar satuan, salah satunya dengan melakukan kegiatan gowes (bersepeda) sambil karya bakti dan bersilaturahmi.

Seperti apa yang dilakukan anggota Kompi C Yonif 405/SK, Jum’at (15/3). Gowes yang mengusung tema “Surya Kusuma Bakti Untuk Negeri” ini dimulai pukul 06.15 WIB dipimpin oleh Letda Inf Tatang Tri Sundito, dengan titik start di Makipan C Wanareja menuju ke Taman Kota Majenang.

Yang menarik dari gowes ini selain untuk membina kebugaran tubuh anggota Yonif 405/SK juga dijadikan wahana silahturahmi dengan menyambangi Koramil 13/Majenang dan Polsek Majenang.

Bukan sampai disitu, sesampainya di Taman Kota Majenang, anggota Kipan C Yonif 405/SK bersama anggota Polri, ASN, pelajar dan masyarakat Majenang melaksanakan karya bhakti membersihkan sampah-sampah.

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Majenang Drs. Oktaviriyanto S. M,Si, Kepala UPTD se-Kecamatan Majenang, Kepala Desa di wilayah Kec. Majenang, dan Kepala sekolah (SD,SMP,SMU/SMK) se-Kecamatan Majenang.

Drs. Oktaviriyanto S. M,Si selaku Camat Majenang, mengapresiasi apa yang dilakukan anggota Yonif 405/SK yang gowes ke Majenang untuk silaturahmi sekaligus karya bakti. Dirinya berharap agar kerjasama seperti ini selalu dapat ditingkatkan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan “Bakti Untuk Negeri’ anggota Yonif 405/SK tidak hanya berlangsung di Taman Kota Majenang, dalam perjalanan kembali ke Markas Kompi C, peserta gowes juga menyempatkan diri melaksanakan pembersihan di TMP Manggala Yudha.

Pembersihan TMP Manggala Yudha ini adalah bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.