Anak Petani Asal Blora, Tampil Sebagai Lulusan Terbaik Dikmata Secata Gombong

Kebumen, Suara Diponegoro — Menjadi anggota TNI AD merupakan cita-cita Sugeng Mulyana sejak kecil. Setelah diterima sebagai Calon Tamtama (Catam), putra Jamin ini telah bertekad untuk mendarmabhaktikan dirinya dan akan memberikan segala kemampuanya agar bisa menjadi yang terbaik untuk TNI AD, orang tua, maupun dirinya sendiri.

Semua yang menjadi tekad Sugeng Mulyana kini menjadi kenyataan. Dengan semangat dan tekad yang kuat, anak petani asal Blora ini tampil menjadi lulusan terbaik Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD gelombang I Tahun Anggaran 2018.

Sebagai lulusan terbaik, Sugeng Mulyana berhak atas piagam dan medali yang diberikan oleh Pangdam IV/Diponegoro melalui Komandan Rindam IV/Diponegoro Kol Inf Amrin Ibrahim S.I.P., saat upacara penutupan Dikmata TNI AD Gel I tahun 2018 di Lapangan di Depo Pendidikan (Dodik) Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam IV/Diponegoro, Gombong, Kabupaten Kebumen, Sabtu (8/9/2018).

Pada kesempatan tersebut, Sugeng Mulyana beserta 317 prajurit siswa lainnya dilantik menjadi Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada). Lulusan terbaik kedua disandang Nur Rohmat, putra Suratno, petani asal Grobogan dan terbaik ketiga diraih Riadanto, putra Sumarjo Datim, petani asal Cilacap. Hal ini bukti bahwa menjadi TNI bukan hanya untuk kalangan tertentu saja, tetapi semua warga negara memiliki hak yang sama.

Melalui sambutan tertulisnya, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. menegaskan, para prajurit TNI AD harus mempunyai sikap dan perilaku yang mencerminkan seorang prajurit sejati, memiliki disiplin dan hanya mengabdi kepada satuan, bangsa dan negara.

“Sebagai prajurit kalian harus patuh, taat dan loyal kepada atasan, senantiasa bekerja keras, tabah, berani menghadapi risiko apa pun,” tegasnya.

Sebagai lulusan Secata Rindam IV/Diponegoro, harus dapat menjadi prajurit profesional dan mencintai rakyat. Oleh karena itu seorang prajurit dituntut untuk berlatih dan terus berlatih.

Hadir dalam upacara tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni S.I.P., Ketua DPRD Kab. Kebumen Cipto Waluyo Skep.Ns, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep, Dansecata Letkol Inf Andi Amin Latama S.Sos dan Forkompinda Kab. Kebumen, tokoh masyarakat dan para orang tua siswa. (Pendam/pm)