Ziarah Ingatkan Generasi Penerus Memahami Perjuangan Pahlawan

Karanganyar, Suara Diponegoro — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke Makam Presiden ke-2 Jenderal Besar Soeharto di Karanganyar, Kamis (20/9/2018). Sehari sebelumnya Panglima TNI bersama rombongan berziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar dan makam KH. Abdurahman Wahid di Jombang Jawa Timur.

Ziarah ke makan Jenderal Besar Soeharto ini merupakan rangkaian ziarah ke makam para pahlawan dan para pendiri bangsa dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI 5 Oktober 2018 mendatang. Rencananya, usai ziarah di makam Jenderal Besar Soeharto, Panglima TNI dan rombongan akan melanjutkan ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta.

Panglima TNI dan rombongan tiba di Astana Giri Bangun disambut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Widi Prasetijono dan Bupati Karanganyar Juliatmono.

Setelah istirahat sejenak, Panglima TNI dan rombongan menuju makam Presiden ke-2 yang diawali dengan penghormatan dan peletakan karangan bunga. Setelah rombongan ziarah telah memasuki makam, selanjutnya dilaksanakan do’a bersama di depan pusara makam Presiden ke-2 RI.

Usai melakukan ziarah, kepada awak media Panglima TNI menuturkan, bahwa ziarah ini merupakan tradisi dan budaya luhur yang patut untuk dilestarikan. Ziarah memiliki makna yang besar bagi kita untuk mengerti dan memahami, menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan kita serta bagaimana kita melanjutkan perjuanganya.

“Ini adalah tradisi yang bagus, sebagai bentuk penghormatan dan pengahrgaan kepada para pahlawan kita. Ziarah juga dapat mengingatkan kita khususnya bagi generasi milenial agar mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan,” ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto .

Panglima TNI berharap, pada usia yang memasuki ke 73 tahun, TNI dapat mengimplementasikan apa yang telah diperbuat oleh para pendahulu bangsa sekaligus melanjutkan perjuangannya untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih maju, aman, adil, makmur dan sejahtera.

Terkait peringatan hut ke 73 TNI, Panglima TNI menyampaikan bahwa perayaan HUT TNI tahun ini akan digelar  secara sederhana yang dipusatkan di Merauke serta wilayah-wilayah terluar lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ziarah Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Ketua Dharma Pertiwi, Ketua Persit KCK, Ketua Jalasenastri, Ketua Pia Ardhya Garini, Irjen TNI, Pangkostrad, Dansesko TNI, Danjen Akademi TNI, Danjen Kopassus, Dankorpaskhas, Dankormar, Pangkoops AU, para Asisten Panglima TNI, Kapolda Jateng, Kapuspen TNI dan pejabat TNI, Polri serta dari Pemda.

Selesai ziarah di Astana Giribangun, Panglima TNI dan rombongan bertolak menuju Yogyakarta untuk melakukan kegiatan serupa di makam pahlawan Panglima Besar Jenderal Soedirman. (Pendam/pm)