TNI Tumbuh, Berkembang dan Berjuang Bersama Rakyat

Semarang, Suara Diponegoro — Di usia ke-72,  TNI menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun dengan mengusung  tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Dari tema tersebut mengandung makna bahwaTNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulis  pada upacara memperingati HUT ke-72 TNI yang dibacakan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman saat memimpin upacara di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa (5/10/2017).

Dijelaskan bahwa, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa turut serta dalam bela negara.

“Kedekatan dan kebersamaan TNI – Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut,” ungkap Panglima TNI.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-72 TNI pada dasarnya merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Rakyat. Karena melalui peringatan HUT ini masyarakat dapat melihat gambaran pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit melalui unjuk kebolehan para prajurit dan penampilan alat utama sistem persenjataan yang dimiliki TNI saat ini.

Mengingat tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung  dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau runtuhnya negara, maka Panglima TNI menekankan agar para prajurit menempatkan tugas di atas segala-galanya.

“Tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan,”  tegas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Diakhir penyampaiannya, Panglima TNI berharap agar kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat dapat menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi demi kemajuan satuan dan lingkungan.

Pada upacara parade tersebut diikuti oleh Prajurit TNI dari Kodam IV/Diponegoro, Grup 2 Kopasus, Brigif 6/Kostrad, TNI AL, TNI AU, ASN, Resimen Mahasiswa dan Pemuda Pancasila. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf Hartono yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Danbrigif 4/Dewa Ratna. (Pen/PM)

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang