TNI Pukau Masyarakat Ambarawa

Semarang, Suara Diponegoro — Pelaksanaan HUT ke 72 dan HUT ke 67 Kodam IV/Diponegoro turut disaksikan oleh ribuan masyarakat. Atraksi terjun payung oleh anggota TNI mampu membius ribuan pasang mata masyarakat Jateng dan DIY yang mengerumuni Lapangan Jenderal Besar Soedirman Ambarawa. Masyarakat menyaksikan langsung keliaran penerjun yang beraksi di udara.

Atraksi terjun payung ini diikuti 31 prajurit yang dibagi menjadi tiga season, yakni season pertama diikuti oleh 10 penerjun dipimpin Kapten Condro, season kedua 11 penerjun dipimpin Kapten Aryudha dan season ketiga 10 penerjun, dipimpin Mayor Agus. Dari 31 penerjun terdapat 1 orang penerjun wanita dari TNI AU Serma Wara Elma.

Tidak hanya itu, dengan diiringi alunan musik khas beladiri,  500 prajurit mendemontrasikan kemampuan bela diri militer Yongmoodo pada perhelatan yang besar ini. Masyarakat makin terpukau manakala dengan gagah berani prajurit melakukan atraksi berbahaya menghacurkan matriil di udara dengan tendangan.

Menyaksikan atraksi tersebut, masyarakat semakin kagum dan bangga kepada TNI, seperti apa yang disampaikan Bapak Azad dan Bapak Fikri yang berasal dari Purbalingga hanya untuk menyaksikan perhelatan setahun sekali ini.

“Saya salut dan bangga, tentara sekarang hebat. Semoga TNI makin hebat dan makin kuat,” imbuhnya dengan bahasa khas Banyumasan.

Tari kolosal dari Kodim 0733/BS Semarang yang bertajuk “Gebyar Pelangi Nusantara” yang terdiri dari gabungan anggota TNI dan masyarakat Semarang dan sekitarnya, turut meramaikan hajat besar tersebut.

Gambaran keragaman dan kebhinekaan serta persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibawakan dengan apik oleh para penari. Mulai tari Saman dari Aceh, Dogdog Lonjor dari Banten, Kecak dari Bali hingga Sajojo dari Papua dan Gemufamire dari Flores dapat membius ribuan orang yang datang

Pada saat yang sama juga dilaksanakan bhakti kesehatan yang  dipersembahkan TNI untuk masyarakat sebagai wujud kebersamaan dalam kekuatan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud soliditas TNI-Rakyat.

Kegiatan ini dilaksanakan  donor darah, khitanan massal, Akseptor KB Kes, dan pengobatan umum, pemeriksaan gigi di Yonkav 2/TC. Sementara itu untuk pelaksanaan operasi katarak dilaksanakan di RSU Ambarawa.

Tak hanya bhakti kesehatan, pada Hari Ulang Tahun kali ini Kodam IV/Diponegoro membagikan 3.000 paket sembako kepada anak yatim, masyarakat kurang mampu, veteran, dan para pekerja bangunan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta. (Pen/PM)