TMMD Ke-100, Membuktikan TNI dan Rakyat Tidak Dapat Dipisahkan

Wonosobo, Suara Diponegoro — Sebagai Tentara Rakyat, TNI terus berupaya memperkuat Kemanunggalan dengan Rakyat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD), karena kebersamaannya dengan rakyat adalah inti kekuatan TNI.

Hal tersebut diungkapkan dalam Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 TA. 2017 yang dibacakan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman di lokasi TMMD Kabupaten Wonosobo, Kamis (26/10/2017).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa kemanunggalan TNI dan Rakyat terlihat secara nyata dengan kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat bahkan tidur di rumah masyarakat dan makan bersama masyarakat.

“TNI dan Rakyat memang tidak terpisahkan. Roh TNI adalah rakyat, karena sejarah menunjukkan bahwa TNI lahir dari rakyat  dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan,” ungkap Kasad.

Melalui program TMMD, TNI membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong guna membantu percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di pedesaan.

Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat”. Tema ini sangat selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan hasil yang telah dilaksanakan pada TMMD ke 100, Kasad berharap masyarakat dapat memelihara dengan baik hasil pembangunan program TMMD ke-100, baik fisik maupun non fisik, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam kurun waktu yang lama.

Khusus untuk di wilayah Kodam IV/Diponegoro, TMMD ke-100 dilaksanakan dibeberapa wilayah Kodim 0713/Brebes Ds. Cikuya Kec. Banjarharjo Kab. Brebes, Kodim 0707/Wonosobo Ds. Pagerejo Kec. Kertek Kab. Wonosobo, Kodim 0715/Kendal Ds. Jungsemi Kec. Kangkung Kab. Kendal, dan Kodim 0735/ Surakarta Ds. Joyontakan Kec. Serengan Kota Surakarta

Turut hadir pada upacara penutupan TMMD di desa Pagerejo Kecamatan Kertek Kab Wonosobo, para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro dan pejabat Forkopimda Kab Wonosobo. (Pen/PM)