Satgas Yonif 407/PK Dan Yonif Mekanis 413/6/2/K Tiba di Semarang

Semarang,Suara Diponegoro — Satgas Yonif 407/Padma Kusuma dan Satgas Yonif Mekanis 413/6/2/K kembali ke Home Base dengan menggunakan Kapal KRI Tanjung Kambani usai melaksanakan tugas Operasi Pamtas RI-PNG di Papua selama kurang lebih 9 bulan.

Upacara penyambutan kembalinya kedua Satgas tersebut dilaksanakan di Dermaga Tanjung Emas, Semarang, Rabu (29/3/2017). Bertindak selaku inspektur upacara Pangdivif 2/Kostrad Mayjen TNI Benny Susianto S.IP

Dalam amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi yang dibacakan Pangdivif 2/Kostrad, mengucapkan selamat datang terima kasih sekaligus rasa bangga serta penghargaan yang tulus atas dharma bhakti dan pengabdian yang telah para Prajurit curahkan dalam melaksanakan tugas operasi.

“Yakinlah bahwa, tenaga, waktu, pikiran yang telah saudara korbankan mempunyai nilai yang besar demi tetap tegak kokohnya NKRI yang kita cintai”, jelasnya.

Usai melaksanakan tugas operasi, para prajurit melakukan konsolidasi dengan tindakan administratif serta prioritaskan pemeriksaan terhadap alat peralatan, persenjataan dan seluruh perlengkapan lainnya.

“Setelah ini prajurit akan diberikan cuti dan manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Namun, sebelumnya cek satu persatu, jangan sampai ada prajurit yang membawa senjata, munisi maupun bahan peledak ke rumah masing-masing”, tegasnya.

Diharapkan, para prajurit segera dapat menyesuaikan diri kembali dengan lingkungan baik di dalam  maupun  di luar  satuan, sehingga kepulangan prajurit dapat diterima baik oleh keluarga, kawan maupun oleh masyarakat.

“Tetaplah berfikir, berbuat dan bertindak dengan selalu mengedepankan pikiran jernih, cerdas dan dewasa. Jangan mudah terpengaruh oleh adanya isu-isu yang menyesatkan yang bersifat negatif dan  tetap bangun kebersamaan yang harmonis baik di lingkungan satuan maupun dalam kehidupan berkeluarga”, jelas orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro .

Selama bertugas di wilayah perbatasan RI-PNG, selain melakukan patroli, Satgas Yonif 407/Padma Kusuma dan Satgas Yonif Mekanis 413/6/2/K juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti pemberian bantuan kesehatan, bhakti sosial dan kegiatan untuk membantu masyarakat. (Pen/PM)