Ribuan Umat Muslim Magelang Doa Bersama Untuk Rohingya

Magelang, Suara Diponegoro — Sikap toleransi dan kerukunan umat beragama ditunjukkan ribuan umat muslim dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya dalam aksi doa bersama untuk Rohingya. Kegiatan ini yang semula dilakukan di halaman Candi Borobudur dialihkan di Masjid An-Nur Magelang, Jumat (8/9/2017).

Aksi bela muslim Rohingya Myanmar sendiri dihadiri kurang lebih 1400 umat muslim dari berbagai organisasi dan berbagai daerah seperti FPI Jateng, Laskar Mujaidin Yogyakarta, Remaja Jamaah Masjid Solo dan sebagainya.

Acara diisi dengan orasi dari perwakilan masing-masing organisasi, dzikir dan doa bersama serta sholat Jumat berjamaah. Usai melaksanakan sholat Jumat, para jamaah  langsung melaksanakan sholat goib untuk mendoakan arwah umat muslim Rohingya yang meninggal dunia.

Dalam orasinya disampaikan bahwa setiap manusia memiliki hak yang paling hakiki yaitu hak untuk hidup. Sebagai sesama makhluk Tuhan kita harus peduli dengan saudara kita yang sedang kesusahan dengan membantu dan mengirimkan obat-obatan, pakaian, makanan dan yang lainnya. Kita juga harus berdzikir dan berdoa bersama, semoga penderitaan Rohingya cepat selesai dan dapat hidup layak sebagai anak bangsa.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan aksi tersebut  aparat pengamanan telah merelokasi dan merekayasa jalan demi kelancaran aksi damai tersebut.

Sementara itu, untuk mendukung aksi agar tetap berjalan dengan baik, aman dan lancar, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari berkoordinasi dengan Ketua FPI Jateng Ustadz Shihabudin untuk mengatur pendistribusian logistik berupa air minum dan makanan kepada para peserta aksi agar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (0705/Pen/PM)