Puasa Ramadhan, Isi Ilmu Bersama Suara Diponegoro

Semarang, Suara Diponegoro — Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, bulan mulia yang penuh berkah dan ampunan serta masih banyak lagi sebutan untuk menyebut bulan kebanggaan muslim ini. Oleh karena itu, sebagai umat Islam tentunya senantiasa menyambut bulan ini dengan penuh suka cita.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang ke-4, ini berarti siapa saja yang mengaku dirinya sebagai umat Islam maka hukumnya wajib untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Agar ibadah puasa yang kita jalankan dibulan suci Ramadhan ini tidak menjadi sia-sia maka kita perlu ilmu, karena dengan ilmu kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar.

Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa umat Islam khususnya Prajurit Diponegoro, selama bulan Ramadhan, Suara Diponegoro menayangkan acara yang bertajuk “Ramadhan Seru Suara Diponegoro”.

Melalui acara ini, Laskar Suara Diponegoro (*sebutan pendengar Suara Diponegoro) bisa terhibur sekaligus mendapatkan ilmu tentang agama Islam, karena acara ini dikemas secara simpel dengan bahasa yang mudah dipahami namun tetap memiliki kandungan ilmu seputar pelaksanaan ibadah Ramadhan yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini senada dengan penekanan Pangdam IV/Diponegoro bahwa “Prajurit pasti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, namun iman dan taqwa prajurit harus melebihi dari yang lain,” tegas Pangdam kepada jajaran dibawahnya.

Rangkaian program acara yang bertajuk Ramadhan Seru Suara Diponegoro ini meliputi acara Kaidah (Kajian Islam dan Al Qur’an Hadist) bekerja sama dengan Radio Dais Masjid Agung Jawa Tengah yang disiarkan pada pukul 08.15 WIB dan 12.15 WIB dan Risalah Nabi dan Sahabat bekerja sama dengan BPMRPK Kemendikbud pada pukul 17.00 WIB. Ada juga perbincangan seru seputar ramadhan di beberapa titik daerah di Semarang dan kota-kota yang lain di Jawa Tengah dalam program Ramadhan On The Street.

Program diatas cocok didengarkan oleh semua kalangan tanpa batasan usia dan profesi. Serta dapat Anda dengarkan melalui 107.5 FM atau melalui streaming di www.radiosuaradiponegoro.com dan juga bisa download aplikasi Suara Diponegoro yang tersedia di Play Store ponsel Anda.  

Tidak kalah menarik, Diponegoro Channel TV yang merupakan media partner Suara Diponegoro menghadirkan program “Assalamu’allaikum Ramadhan” yang tayang selama bulan Ramadhan ini. Meski program tersebut menghadirkan nara sumber yang sebagian besar berprofesi di bidang Militer yang kesehariaannya berdinas di Pembinaan Mental Kodam IV/Diponegoro, namun tidak menunjukkan kesan sangar dan keras.

Nuansa humanis yang sesekali diselingi dengan guyonan ringan, acara ini sangat cocok disaksikan oleh segala usia dan semua kalangan khususnya keluarga besar Kodam IV/Diponegoro. Dan acara ini sendiri dapat disaksikan melalui streaming Diponegoro Channel TV atau melalui ponsel Anda.

Ayo isi puasa Ramadhan kita dengan ilmu, agar kita menjadi orang yang bertaqwa.

(Pen/PM)