Pemberian 100 Paket Sembako Tandai Pembukaan Bazar Kodam IV/Diponegoro

Semarang, Suara Diponegoro — Menyikapi harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi dan untuk mengurangi beban hidup masyarakat, Kodam IV/Diponegoro menggelar bazar/pasar murah di Lapangan Parade Komplek Kodam IV/Diponegoro, Jumat (29/9/2017).

Bazar yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI dan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro dibuka Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman yang ditandai dengan penyerahan bantuan 100 paket sembako kepada Warakawuri dan masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah.

Pangdam IV mengatakan, kegiatan bazar ini mengacu pada kegiatan Mabes TNI dalam rangka membantu kesulitan prajurit dan masyarakat sekitar.

“Harga dijamin lebih murah dari harga pasaran karena sudah bekerjasama dengan  bank dan perusahaan. Semoga dengan kegiatan bazar dapat terwujud rasa solidaritas dan soliditas TNI dan masyarakat,” tegas Pangdam.

Mulai dari stand  properti hingga mainan anak digelar pada bazar ini. Namun dari puluhan stand yang dibuka, stand yang menyediakan bahan sembako paling banyak diminati masyarakat dan keluarga besar TNI. Begitu bazar dibuka, stand yang menyediakan beras, minyak goreng, bawang dan kebutuhan pokok lainnya langsung diserbu pembeli.

Pangdam IV dan Ibu Dewi Tatang Sulaiman yang berperan sebagai penjual bawang dan beras mengawali penjualan sembako, langsung kewalahan melayani pembeli. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sosial seperti ini masih dibutuhkan oleh masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah.

Ditambahkan Pangdam, bahwa selain kegiatan bazar, Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial berupa operasi katarak, operasi bibir sumbing, khitanan masal, donor darah dan pengobatan gratis.

Tidak hanya sampai disitu, Kodam IV/Diponegoro juga menggelar Pameran Alutsista yang akan digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Dalam Pameran, ditampilkan berbagai karakteristik senjata mulai dari senjata ringan hingga Panser, serta alat utama lainnya. Dalam Pameran ini masyarakat menyaksikan langsung sekaligus belajar tentang alat utama dan senjata miliki TNI yang dibeli dengan uang rakyat, karena TNI berasal dari rakyat, dibiayai oleh rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Pada puncak acara HUT ke-72 TNI dan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro, pada 5 Oktober 2017 nanti, akan digelar upacara  parade dan defile di lapangan Pangsar Jenderal Sudirman Ambarawa.

“Masyarakat dipersilahkan untuk turut serta menyaksikan upacara parade dan defile tersebut, karena selesai kegiatan masyarakat dapat mengikuti pengobatan gratis, ikut menikmati hidangan yang disiapkan panitia dan pulang dapat sembako. Sebanyak 3000 paket sembako telah disiapkan untuk anak yatim, fakir miskin, veteran dan para pekerja bangunan,” terang Pangdam.

Hadir pada acara bazar, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Para Pejabat Kodam IV/Diponegoro, Pimpinan BNI Wilayah Jateng, Ketua beserta pengurus Persit KCK PD IV/Dip, Pimpinan Perusahaan dan Rekanan  pendukung bazar, perwakilan Veteren serta Warakawuri dan masyarakat. (Pen/PM)