Peduli Kesehatan Masyarakat Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 405/SK Gelar Donor Darah

Tanah Merah, Suara Diponegoro — Kegiatan bhakti sosial kembali dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 405/Surya Kusuma, Brigif 4/Dewa Ratna, Kodam IV/Diponegoro. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat daerah perbatasan RI-PNG, yaitu dengan menyelenggarakan donor darah bertempat di klinik kesehatan Pos Komando Utama Satgas Pamtas Yonif 405/SK, Kamis (18/05/2017).

Kegiatan donor darah ini dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/SK bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah RSUD Kabupaten Boven Digoel setiap 3 bulan sekali, anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK rutin mendonorkan darahnya karena memahami bahwa selain membantu masyarakat yang membutuhkan darah, kegiatan ini juga memiliki manfaat bagi pendonornya diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sel-sel darah merah dan mendeteksi apabila terkena suatu penyakit.

“Lambang satuan Yonif 405/SK adalah Surya Kusuma yang berarti Bunga Matahari. Bunga Matahari memiliki beribu-ribu manfaat mulai dari akar hingga bijinya, begitu juga dengan keberadaan Satgas Pamtas Yonif 405/SK diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat perbatasan RI-PNG. Salah satu manfaat yang diberikan adalah dengan melaksanakan donor darah, setetes darah yang didonorkan dapat menyelamatkan jiwa seseorang manusia yang membutuhkan. “ jelas Dansatgas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S.I.P disela-sela kegiatan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus disampaikan oleh kepada Unit Tranfusi darah RSUD Kabupaten Boven Digoel. Pihaknya sangat bangga dapat bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif 405/SK untuk bersama-sama dapat melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Boven Digoel. (Pen/Sudip/AG)