Pangdam IV : Jadikan Yonkav 2/TC Sebagai Satuan Yang Hebat, Terhormat dan Disegani

Ambarawa, Suara Diponegoro — Yonkav 2/TC merupakan Satuan organik bantuan tempur di bawah Kodam IV/Diponegoro yang memiliki tugas pokok melaksanakan operasi bantuan tempur dan pengamanan dengan menggunakan peralatan berat dan lapis baja untuk menunjang tugas Kodam Diponegoro.

Untuk mewujudkan prajurit dan satuan yang profesional sesuai dengan tuntutan tugas Batalyon Kavaleri 2/TC, maka diperlukan pemantapan jiwa juang dan profesionalisme keprajuritan yang merupakan proses pembentukan tanpa akhir.

Hal tersebut ditegaskan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., saat memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Danyonkav 2/TC dari Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S.Sos. kepada Letkol Kav Hery Bakty, S.H., di lapangan upacara Yonkav 2/TC, Ambarawa (28/12).

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, profesional prajurit Kavaleri dapat terwujud apabila para prajurit dapat bersikap dan bertindak secara benar dan tepat berdasarkan pada nilai-nilai yang ada dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

“Salah satu upaya yang dilakukan di Satuan Batalyon Kav 2/TC yaitu dengan Pembinaan Satuan yang dilakukan secara sungguh-sungguh, teratur, sistematis, terukur dan terarah”, jelas Pangdam.

Disisi lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu upaya meningkatkan kadar disiplin prajurit. Menurut orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro, pembinaan disiplin prajurit diarahkan untuk menumbuhkan sikap kepatuhan secara ikhlas terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku serta terbangunnya loyalitas dan soliditas prajurit serta satuan untuk menjadikan Batalyon Kavaleri 2/TC sebagai satuan yang hebat, terhormat dan disegani baik di jajaran Kodam IV/Diponegoro maupun TNI AD.

“Disiplin prajurit yang terbangun dari loyalitas dan soliditas prajurit dapat dicapai bila kebersamaan yang sejati dan kesetiaan satu sama lain di antara para prajurit dan keluarga”, ungkap Pangdam.

Ditambahkan, dari kesetiaan seperti inilah akan tumbuh kesetiaan terhadap tugas, kesetiaan terhadap TNI dan kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pada kesempatan ini, Pangdam IV/Diponegoro mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S.Sos. yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya memimpin dan membina Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta dengan baik. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Donan Wahyu Sejati atas kesetiaan dan pengabdian yang diberikan dalam mendampingi suami selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Batalyon Kavaleri 2/TC.

Usai serah terima jabatan ini, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S.Sos. yang juga lulusan Akademi Militer 2001 selanjutnya akan menempati jabatan Danyontar Wreda Mentar Akmil. Sedangkan Letkol Kav Hery Bakty, S.H., yang juga rekan satu angkatan, sebelumnya menjabat sebagai Pabandyalat Sopsdam IV/Diponegoro.

Hadir pada Upacara Serah Terima Jabatan Danyonkav 2/Turangga Ceta, Irdam IV/Diponegoro, para Danrem, Asisten, Staf Ahli, Staf Khusus, Pa Liaison, para Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. Turut hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro beserta segenap pengurus. (pendam/pm)