Pangdam IV /Diponegoro Pimpin Operasi Pengaman VVIP

Rembang, Suara Diponegoro – Kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo di Pondok Pesantren Al-Anwar Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jum’at (1/2) berjalan tertib, aman dan lancar.

Kedatangan Presiden beserta rombongan dari Ngawi Jawa Timur melalui route Blora hingga Rembang yang ditempuh melalui perjalanan darat semua dapat berjalan lancar dan aman. Demikian pula sesampai di Pondok Pesantren Al-Anwar sampai dengan kegiatan juga berjalan dengan aman dan lancar. Semua tidak terlepas dari ketatnya pengamanan yang dilakukan oleh pasukan yang tergelar dengan baik.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mohamad Effendi, S.E., M.M. selaku Pangkops Pam VVIP menyampaikan bahwa keamanan dan kenyamanan VVIP dalam hal ini Presiden RI dan rombongan menjadi prioritas utama, karena Presiden adalah simbol negara.

“Kami tidak ingin terjadi kekeliruan sekecil apapun, sehingga kesiapsiagaan dan kesigapan pasukan dilapangan harus dipegang teguh oleh semua unsur, mulai dari pengaman rute hingga lokasi kegiatan”, tegas Pangdam.

Ditambahkan Pangdam, pengamanan VVIP merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP), oleh karena itu walaupun kegiatan ini sudah sering dilakukan namun jangan pernah lengah, dan bekerja sesuai standar prosedur operasional (SOP).

Jenderal bintang dua itu juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jateng khususnya di wilayah Rembang dan sekitarnya yang telah perpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah mulai dari sebelum, selama dan sesudah kegiatan kunjungan Presiden dan Ibu Negara, sehingga kunjungan kerja berjalan tertib, aman dan lancar.

“Ini merupakan wujud sinergitas TNI, Polri, dan Rakyat Jateng yang semakin kokoh dan solid”, ungkapnya.

Pangdam berharap sinergitas TNI, Polri dan Rakyat yang sudah terbagun begitu baik harus dipertahankan dan ditingkatkan agar Jateng menjadi wilayah yang adem, ayem, aman dan kondusif. Apalagi sebentar lagi akan datang event pesta demokrasi Pemilu 2019, sehingga dapat berjalan tertib, aman, lancar dan sukses.

Orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro juga berharap kondusifitas wilayah Rembang saat kunjungan Presiden dan Ibu Negara dapat menjadi tauladan bagi masyarakat di wilayah lain di Jateng, DIY maupun wilayah lainnya.