Pangdam IV Bersama Kapolda Jateng Adakan Dialog Dengan Nelayan

Rembang, Suara Diponegoro — Sebagai negara yang miliki lautan begitu luas, keberadaan nelayan memiliki peran srategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran nelayan tidak bisa ditampikkan dari perkembangan ekonomi nasional saat ini.

Dengan panjang pantai 791,76 KM, Jateng memiliki kontribusi cukup besar dalam mensuplai kebutuhan ikan daerah maupun nasional, diantaranya Kab. Rembang dan Pati. Daerah dengan jumlah nelayan mencapai 17 ribu lebih ini harus menjadi perhatian kita bersama agar mereka dapat lebih sejahtera yang tentunya akan berkontribusi terhadap pertahanan dan keamanan negara.

Menyadari betapa pentingnya peran strategis nelayan dalam kehidupan maupun perekonomian bangsa, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Jateng Ir. Lalu M. Syafiadi, M.M. beserta unsur Muspida melakukan kunjungan dan bertatap muka langsung dengan masyarakat nelayan cantrang di wilayah Kabupaten Rembang dan Pati, Kamis (27/12).

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum. melalui saluran telepon menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi agar bisa mengenal lebih dekat khususnya masyarakat nelayan di wilayah Rembang dan Pati maupun di Provinsi Jawa Tengah, sekaligus untuk mendapatkan masukan-masukan dalam rangka meningkatkan kondusifitas wilayah Jawa Tengah.

“Dialog yang dilakukan Pangdam dan Kapolda selain sebagai ajang silahturahmi dengan para nelayan, juga dalam rangka mendengarkan masukan-masukan atau aspirasi serta membicarakan berbagai persoalan yang mungkin dihadapi oleh masyarakat khususnya para nelayan agar dapat segera ditemukan solusinya” terangnya..

Dengan demikian, kedepan diharapkan penghasilan para nelayan di Jawa Tengah dapat semakin meningkat sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera, dan bahkan dapat menarik minat generasi muda untuk mau terjun/berprofesi sebagai nelayan. Dengan demikian maka kondusifitas wilayah juga akan semakin baik.

“Ingat keberadaan nelayan itu sangat strategis dalam pemenuhan kebutuhan pangan khususnya ikan, dan dalam mendukung perekonomian nasional, ekonomi yang baik akan berkontribusi terhadap kondusifitas wilayah yang semakin mantap”, pungkas Pamen dengan melati tiga di pundaknya. (pendam/pm)