Pameran Alutsista, Dari Rakyat Untuk Rakyat

Semarang, Suara Diponegoro — Ribuan masyarakat menyaksikan pameran yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, Sabtu-Minggu (30/9 – 01/10/2017).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman saat membuka pameran menyampaikan, pameran yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 72 Tentara Nasional Indonesia dan HUT ke 67 Kodam IV/Diponegoro.

“Pameran ini merupakan wujud pertanggung jawaban TNI kepada masyarakat karena persenjataan ini juga berasal dari rakyat,” ungkap Pangdam.

Lebih lanjut disampaikan, masyarakat akan melihat berbagai jenis alat utama sistem senjata yang digunakan TNI  guna menjaga keamanan Bangsa dan Negara Indonesia.

Dalam Pameran, ditampilkan berbagai karakteristik senjata mulai dari senjata ringan hingga Panser, serta alat utama lainnya. Dalam Pameran ini masyarakat menyaksikan langsung sekaligus belajar tentang alat utama dan senjata miliki TNI yang dibeli dengan uang rakyat, karena TNI berasal dari rakyat, dibiayai oleh rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Alutsista yang dipamerkan merupakan alutsista dari Kodam IV/Diponegoro, Kopassus, Kostrad dan Akademi Militer. Masyarakat khususnya anak-anak dapat mencoba naik tank untuk membangkitkan minat menjadi TNI.

Tak hanya di pameran Alutsista, Pangdam mengharap kepada masyarakat dapat menyaksikan upacara HUT TNI dan HUT Kodam yang akan diselenggarakan di Lapangan Panglima Jenderal Besar Sudirman, Ambarawa 5 Oktober mendatang.

Pada upacara di Ambarawa nantinya akan ditampilkan sosio drama dan tari kolosal yang melibatkan seluruh elemen masyakat. Selain itu juga akan mengundang 3.000 anak yatim dan fakir miskin serta digelar pengobatan masal, makan bersama dan pembagian sembako.

Masyarakat dilibatkan dalam acara ini mengingat tema yang diangkat “Bersama Rakyat, TNI Kuat”. Maka sudah sepatutnya masyarakat turut dalam pelaksanaan upacara HUT.

“Dengan kegiatan ini dapat mewujudkan kedekatan TNI dan Rakyat yang selama ini telah terpelihara dengan baik di wilayah Jawa Tengah,” jelas Pangdam. (Pen/PM)