Komunikasi Adalah Modal Utama Dalam Pelaksanaan Tugas TNI

Solo, Suara Diponegoro — Para Babinsa sebagai ujung tombak pembina desa harus memiliki kemampuan komunikasi dengan baik. Untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan tersebut, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman menghadirkan Aqua Dwipayana pakar komunikasi guna memberikan pembekalan komunikasi kepada para Babinsa.

Pembekalan Komunikasi kepada prajurit jajaran Korem 074/ Warastratama berlangsung di  Gedung Warastratama Jalan Adi Sucipto, Solo, Kamis (03/08/2017).

Pangdam  IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman menambahkan kegiatan pelatihan komunikasi ini sebagai bekal bagi prajurit TNI khususnya yang mengawal kewilayahan agar dapat menjalankan tugas maksimal dalam memberikan dan menerima informasi dari tingkat paling bawah.

Kegiatan yang dihadiri ratusan Babinsa se-eks Karesidenan Surakarta ini juga menyinggung terkait sikap humanisme yang perlu ditonjolkan oleh para Babinsa. Sehingga, timbul kedekatan antara masyarakat dengan Babinsa yang bertugas di wilayah tersebut.

“Jadi, di wilayah prajurit juga harus memposisikan diri sebagai masyarakat biasa yang memiliki hak dan tanggung jawab yang sama,” ungkap Pangdam.

Pangdam Mayjen TNI Tatang Sulaiman  berharap, usai mendapatkan bimbingan komunikasi tersebut anggota Babinsa yang bertugas di wilayah masing-masing dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat melalui komunikasi intensif. Sehingga, laporan terkait perkembangan wilayah dapat disampaikan  dengan baik dan menjadi salah satu masukan dalam mengambil kebijakan di tingkat pimpinan.

Hal tersebut juga disampaikan Aqua Dwipayana dalam ceramahnya, agar seseorang mampu melakukan komunikasi yg baik maka dia harus memiliki REACH. Dalam pembahasan REACH merupakan kepanjangan dari Respek (menghormati lawan bicara), Empati (mampu merasakan yg dipikirkan oleh lawan bicara), Audible (mampu menyampaikan dan didengar oleh lawan bicara), Clarity (bahasa yg digunakan mudah dipahami/dimengerti), Humble (memiliki kerendahan hati).

Menurut Dwipayana, menyimak merupakan hal terpenting dalam berkomunikasi, dengan menyimak maka kita mampu memahami dan menganalisa apa yg kita dengar. Dengarkan dengan ikhlas dan hargailah apa yg disampaikan oleh lawan bicara kita. Jangan pernah ragu untuk bertanya dan mengemukakan pendapat, sehingga komunikasi akan berlangsung dengan baik. (Pen/PM)

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang