Kodam IV Laksanakan Razia dalam Rangka Pelopor Tertib Lalu Lintas

Semarang, Suara Diponegoro — Puluhan personel anggota Polisi Militer bersama unsur Provost dan Pejabat Pengamanan Kodam IV/Diponegoro menggelar razia terhadap surat-surat dan kelengkapan kendaraan usai upacara di Makodam IV/Diponegoro, Senin (7/8/2017).

Razia dalam rangka pekan kedisiplinan di Makodam IV/Diponegoro dilaksanakan di empat (4) tempat terpisah yakni di Lapangan  Bekangdam IV/Dip, Lapangan GOR Patriot, Lapangan Apel Denmadam dan Lapangan Zidam IV/Diponegoro.

Sasaran razia meliputi semua kendaraan dinas maupun pribadi baik roda dua maupun roda empat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menekan angka pelanggaran hukum dan tata tertib serta meningkatkan kesadaran disiplin berlalu lintas bagi aparat TNI, ASN dan keluarganya.

Selain itu, razia juga bertujuan untuk menghindari adanya oknum TNI yang menyimpan kendaraan bodong/curian (sebagai penadah) dan untuk menghindari stigma bahwa markas/ksatrian Tentara dijadikan tempat yang aman untuk kendaraan bodong/gelap.

Pemeriksaan dipimpin Wadanpomdam IV/Dip Letkol Cpm Jefridin, S.E diawali dari apel dan sosialisasi terhadap anggota tentang penegakan dan ketertiban berlalulintas.

Operasi Gaktib atau Razia ini bukan semata-mata mencari-cari kesalahan anggota, untuk itu diharapkan kepada seluruh anggota agar dapat menjunjung tinggi nilai-nilai disiplin demi tercapainya tugas seorang prajurit, jangan sampai seorang anggota TNI bersikap arogan, apalagi sampai melakukan tindak kekerasan dan kejahatan.

Bagaimanapun juga peran seorang prajurit Kodam IV/Diponegoro harus bisa mempelopori masyarakat dalam menjaga ketertiban berlalu lintas.

Setelah operasi penegakan ketertiban akan segera ditindaklanjuti penemuan-penemuan pelanggaran bagi anggota khususnya bagi mereka yang belum lengkap dalam berkendara, baik kelengkapan kendaraan seperti pemakaian helm standart, kondisi ban, rem, spion, lampu jalan dan lampu send agar segera melengkapinya dan memperbaikinya.

Razia juga dilaksanakan di Korem, Brigif, Kodim dan Batalyon jajaran Kodam IV/Diponegoro. Semua ini dilakukan demi kelancaran pelaksanan tugas yang dibebankan kepada satuan dan yang lebih penting lagi adalah bagi keselamatan diri masing-masing. (Pen/PM)