Apel Nusantara Bersatu, Masyarakat Jateng-DIY Rapatkan Barisan

Semarang, Suara Diponegoro — Dalam rangka membangkitkan jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia, dan memberi wahana silaturahmi untuk menjalin komunikasi antar komponen bangsa, seluruh lapisan masyarakat merapatkan barisan dengan menggelar Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu, Rabu (30/11/2016).

Apel ini mengusung tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika”. Acara dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang.

Apel tersebut dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi, serta tokoh agama Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Pada kesempatan ini, para peserta apel yang berjumlah kurang lebih 10.000 orang terdiri dari berbagai elemen lapisan masyarakat mengenakan ikat kepala merah putih sebagai simbol persatuan antar elemen masyarakat.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan orasi kebangsaan oleh beberapa tokoh diantaranya, Gubernur Jateng, tokoh akademisi dan tokoh organisasi masyarakat dan tokoh agama. Dalam orasinya, Gubernur Jateng menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jawa Tengah harus tetap bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika dan mempertahankan keutuhan NKRI”, ungkap Gubernur Jateng.

Sementara itu, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama menyampaikan, bahwa kehidupan Bhinneka Tunggal Ika tetap menjaga persatuan dan kesatuan  dalam perbedaan. Untuk itu, harus saling menghormati dan saling menjaga kasih sayang sesama manusia.

Hal yang sama diungkapkan tokoh agama Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dalam menjaga keberagaman jangan sampai perbedaan menjadikan perpecahan, justru dengan keberagaman tersebut akan diwujudkan persatuan dan kesatuan yang kuat.

Acara dimeriahkan dengan berbagai kesenian, diantaranya aksi kesenian barongsai, drumband, paduan suara dan diakhiri dengan doa bersama dari para pemuka agama.

Tak hanya  di Semarang, Apel Nusantara Bersatu wilayah Jateng – DIY juga dilaksanakan di Surakarta, Banyumas  dan Yogyakarta. (Pendam/PM)