Antar 2018 dan Sambut 2019, Kodam IV/Diponegoro Gelar Istighosah

Semarang, Suara  Diponegoro — Bagi kebanyakan orang, malam pergantian tahun merupakan malam istimewa yang harus dirayakan dengan berkumpul bersama layaknya sebuah pesta. Namun sejatinya malam pergantian merupakan waktu yang tepat untuk merenung dan menginstrospeksi diri atas kekurangan dan pencapaian yang sudah diraih selama ini.

Menyikapi hal tersebut, Kodam IV/Diponegoro menggelar istighosah dan do’a bersama mengantar tahun 2018 yang akan segera berakhir, dan menyambut kedatangan tahun baru 2019, di Masjid Al Firdaus Makodam IV/Diponegoro Semarang, (31/12).

Istigosah dan do’a bersama diawali dengan sholat Dzuhur berjama’ah dan dilanjutkan dengan pembacaan surat yasin, tahlil dan pembacaan asmaul husnah serta diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Mayor Inf H. Syarif Hidayat, S.Ag dari Bintaldam IV/Diponegoro.

Acara juga dihadiri oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M, para pejabat utama Kodam IV/Diponegoro, prajurit dan PNS dari satuan jajaran di sekitar Makodam IV/Diponegoro.

Usai kegiatan, Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., menuturkan, maksud dari istighosah dan do’a bersama adalah untuk merefleksikan rasa syukur atas segala nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita selama tahun 2018. Acara ini juga sebagai wahana untuk mengintrospeksi diri atas segala kesalahan dan kekurangan yang terjadi pada tahun 2018, agar tidak terulang kembali di tahun 2019 nanti.

Yang tidak kalah penting, istighosah dan do’a bersama ini adalah untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara Indonesia, agar selalu dalam lindungan Allah SWT serta terhindar dari segala bala dan bencana, tegas Kapendam.

Lebih lanjut disampaikan, dengan istighosah dan do’a bersama ini, diharapkan Kodam IV/Diponegoro ke depan dapat lebih profesional, lebih maju dan berprestasi, serta kemanunggalan TNI-Rakyat di Jateng dan DIY semakin solid, dan dapat lebih bersinergi dengan seluruh komponen bangsa sehingga kondisi wilayah Jateng dan DIY menjadi lebih aman, nyaman dan kondusif.

Selanjutnya Kapendam juga berpesan sekaligus mengajak masyarakat Jateng dan DIY lebih khusus anggota Kodam IV/Diponegoro beserta keluarganya, agar dalam menyambut datangnya tahun baru 2019 tidak merayakan secara berlebihan dan tetap memperhatikan faktor keamanan. Anggota dan keluarga besar Kodam IV/Diponegoro tidak boleh larut dalam euforia perayaan tahun baru 2019, namun lebih banyak untuk bersyukur serta merefleksi dan mengintrospeksi diri agar pada tahun yang akan datang menjadi lebih baik dan sukses. (pendam/pm)